Langkah 1 | Langkah 2 | Langkah 3 | Langkah 4 | Langkah 5 | Langkah 6 | Langkah 7 | Langkah 8 | Langkah 9 |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis | Data Pembuka Wawasan | Isu Gender | Kebijakan dan Rencana Ke Depan | Pengukuran Hasil | ||||
Faktor Kesenjangan | Sebab Kesenjangan Internal | Sebab Kesenjangan Eksternal | Reformulasi Tujuan | Rencana Aksi | Data Dasar (Base-line) | Indikator Gender | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 |
Program:
1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
Kegiatan:
1.01.02.2.01 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Dasar
Sub Kegiatan:
1.01.02.2.01.28 Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen Sekolah
Tujuan Sub Kegiatan:
Tercapainya lembaga pendidikan/sekolah yang bermutu sesuai Standar Nasional Pendidikan |
Data Umum:
Jumlah kepala Sekolah SD/MI : L: 282 (42,15%) P: 387 (57,85%)
Adanya kesamaan akses untuk lembaga pendidikan/sekolah yang bermutu sesuai Standar Nasional Pendidikan
L: 282 (42,15%)
P: 387 (57,85%)
Jumlah kepala Sekolah SD/MI :
L: 282 (42,15%)
P: 387 (57,85%)
Pejabat pengampu kegiatan
Eselon II :
L : 1
P : 0
Eselon III :
L : 0
P : 1
Eselon IV :
L : 0
P : 1
Jumlah kepala Sekolah SD/MI :
L: 282 (42,15%)
P: 387 (57,85%)
|
Akses:
Adanya kesamaan akses untuk lembaga pendidikan/sekolah yang bermutu sesuai Standar Nasional Pendidikan L: 282 (42,15%) P: 387 (57,85%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah Kepala Sekolah SD/MI lebih besar perempuan daripada jumlah Kepala Sekolah SD/MI laki-laki
Kontrol:
Pejabat pengawas subkegiatan Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen Sekolah didominasi oleh perempuan.
Manfaat:
Tercapainya lembaga yang mendapatkan pembinaan untuk peningkatan dan pemetaan mutu Sekolah Dasar |
1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender | Mayoritas Kepala Sekolah SD/MI adalah perempuan, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di kegiatan | Tercapainya lembaga pendidikan/sekolah yang bermutu sesuai Standar Nasional Pendidikan dan evaluasi yang responsive gender | Sosialisasi sekolah Adiwiyata, Akreditasi sekolah, akreditasi perpustakaan sekolah dan perijinan sekolah | Data Jumlah Kepala Sekolah SD/MI yang melaksanaan Evaluasi Pencapaian Pengelolaan Standart Nasional Pendidikan pada Sekolah Dasar, Pelaksanaan Koordinasi, Supervisi dan Fasilitasi Satuan pendidikan sekolah dasar dalam penjaminan mutu untuk memenuhi standart nasional pendidikan |
Output:
Jumlah Sekolah Menengah Dasar yang Dilaksanakan Pembinaan Kelembagaan dan manajemen sekolah
Outcome:
Persentase SD terakreditasi minimal B (93,69%) |