Langkah 1 | Langkah 2 | Langkah 3 | Langkah 4 | Langkah 5 | Langkah 6 | Langkah 7 | Langkah 8 | Langkah 9 |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis | Data Pembuka Wawasan | Isu Gender | Kebijakan dan Rencana Ke Depan | Pengukuran Hasil | ||||
Faktor Kesenjangan | Sebab Kesenjangan Internal | Sebab Kesenjangan Eksternal | Reformulasi Tujuan | Rencana Aksi | Data Dasar (Base-line) | Indikator Gender | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 |
Program:
1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
Kegiatan:
1.01.02.2.02 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama
Sub Kegiatan:
1.01.02.2.02.32 Penyediaan Biaya Personil Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama
Tujuan Sub Kegiatan:
Peserta didik mendapatkan layanan pendidikan yang layak tanpa adanya pungutan |
Data Umum:
Jumlah Siswa SMP/MTs: L: 82.331 (51,21%) P: 78.437 (48,79%) Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan Biaya Personil Peserta Didik Sekolah Menengah tepat waktu L: 82.331 (51,21%) P: 78.437 (48,79%)
Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan Biaya Personil Peserta Didik Sekolah Menengah tepat waktu
L: 82.331 (51,21%)
P: 78.437 (48,79%)
Jumlah Siswa SMP/MTs:
L: 82.331 (51,21%)
P: 78.437 (48,79%)
Kontrol :
Pejabat pengampu kegiatan
Eselon II :
L : 1
P : 0
Eselon III :
L : 0
P : 1
Eselon IV :
L : 1
P : 0
Manfaat :
Jumlah Siswa SMP/MTs untuk mendapatkan Biaya Personil Peserta Didik Sekolah Menengah tepat waktu.
L: 82.331 (51,21%)
P: 78.437 (48,79%)
|
Akses:
Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan Biaya Personil Peserta Didik Sekolah Menengah tepat waktu L: 82.331 (51,21%) P: 78.437 (48,79%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah Siswa SMP/MTs laki-laki lebih besar daripada jumlah Siswa SMP/MTs perempuan
Kontrol:
Pejabat pengawas subkegiatan Penyediaan Biaya Personil Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama didominasi oleh laki-laki.
Manfaat:
Peserta didik mendapatkan layanan pendidikan yang layak tanpa adanya pungutan biaya |
1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender | Mayoritas Siswa SMP/MTs adalah laki-laki, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di sekolah. | Peserta didik dapat mendapatkan layanan pendidikan yang layak dan responsive gender | 1. Sekolah Negeri membuat RKA dan verifikasi oleh Dinas Pendidikan 2. Sekolah Negeri mengisi alokasi dana per bulan untuk gaji PTT/GTT dan alokasi dana triwulan untuk belanja barang/jasa 3. Dinas Pendidikan mengajukan pencairan sesuai dengan alokasi yang telah dibuat oleh sekolah | Data Jumlah Siswa SMP/MTs yang mendapatkan Biaya Personil Peserta Didik Sekolah Menengah: L: 82.331 (51,21%) P: 78.347 (48,79%) |
Output:
Jumlah lembaga yang Menerima Biaya Personil Peserta Didik 388 lembaga
Outcome:
Angka kelulusan SMP/MTs : 100% |