Langkah 1 | Langkah 2 | Langkah 3 | Langkah 4 | Langkah 5 | Langkah 6 | Langkah 7 | Langkah 8 | Langkah 9 |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis | Data Pembuka Wawasan | Isu Gender | Kebijakan dan Rencana Ke Depan | Pengukuran Hasil | ||||
Faktor Kesenjangan | Sebab Kesenjangan Internal | Sebab Kesenjangan Eksternal | Reformulasi Tujuan | Rencana Aksi | Data Dasar (Base-line) | Indikator Gender | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 |
Program:
1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
Kegiatan:
1.01.02.2.03 Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Sub Kegiatan:
1.01.02.2.03.11 Penyediaan Biaya Personil Peserta Didik PAUD
Tujuan Sub Kegiatan:
Pemerataan dan perluasan akses pendidikan di kota Surabaya serta meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan dalam rangka mengikuti layanan pendidikan yang bermutu |
Data Umum:
Jumlah siswa PAUD : L: 86.383 (51,61%) P: 80.992 (48,39%)
Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan bantuan operasional penyelenggaraan pendidikan
L: 86.383
(51,61%)
P: 80.992 (48,39%)
Partisipasi :
Jumlah siswa PAUD :
L: 86.383
(51,61%)
P: 80.992 (48,39%)
Kontrol :
Pejabat pengampu kegiatan
Eselon II :
L : 1
P : 0
Eselon III :
L : 1
P : 0
Eselon IV :
L : 1
P : 0
Manfaat :
Jumlah siswa PAUD untuk mendapatkan pembiayaan pendidikan dalam rangka mengikuti layanan pendidikan yang bermutu:
L: 86.383
(51,61%)
P: 80.992 (48,39%)
|
Akses:
Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan bantuan operasional penyelenggaraan pendidikan L: 86.383 (51,61%) P: 80.992 (48,39%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah Siswa PAUD laki-laki lebih besar dari pada jumlah Siswa PAUD perempuan
Kontrol:
Pejabat pengawas subkegiatan Penyediaan Biaya Personil Peserta Didik PAUD didominasi oleh laki-laki.
Manfaat:
Peserta didik dapat mendapatkan layanan pendidikan yang layak tanpa adanya pungutan |
1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender | Mayoritas Siswa PAUD adalah laki-laki, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di kegiatan | Pemerataan dan perluasan akses pendidikan di kota Surabaya dan evaluasi yang responsive gender | Biaya non personalia digunakan untuk : a. biaya alat tulis sekolah (ATS); b. biaya bahan dan alat habis pakai (BAHP); c. pemeliharaan dan perbaikan ringan; d. biaya transport; e. biaya konsumsi; f. biaya pembinaan siswa/ekstrakurikuler; g. biaya pelaporan; h. biaya peningkatan mutu pendidik dan tenagakependidikan; i. biaya pengembangan kurikulum; j. pembelian/pengadaan sarana dan prasarana pembelajaran; k. biaya daya dan jasa; | Data Jumlah Siswa PAUD yang mendapatkan pendidikan tanpa dipungut biaya L: 86.383 (51,61%) P: 80.992 (48,39%) |
Output:
Jumlah peserta Didik PAUD yang menerima biaya personil peserta didik
Outcome:
Persentase lembaga PAUD berkualitas : 83,71% |