Langkah 1 | Langkah 2 | Langkah 3 | Langkah 4 | Langkah 5 | Langkah 6 | Langkah 7 | Langkah 8 | Langkah 9 |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Pilih Kebijakan/Program/Kegiatan yang akan dianalisis | Data Pembuka Wawasan | Isu Gender | Kebijakan dan Rencana Ke Depan | Pengukuran Hasil | ||||
Faktor Kesenjangan | Sebab Kesenjangan Internal | Sebab Kesenjangan Eksternal | Reformulasi Tujuan | Rencana Aksi | Data Dasar (Base-line) | Indikator Gender | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 |
Program:
1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
Kegiatan:
1.01.02.2.03 Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Sub Kegiatan:
1.01.02.2.03.17 Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen PAUD
Tujuan Sub Kegiatan:
Pembinaan terhadap lembaga PAUD danmendorong lembaga PAUD agar meningkatkan mutu/kualitasnya |
Data Umum:
Jumlah Kepala/Ketua TK: L: 14 (1,17%) P: 1.186 (98,83%)
Adanya kesamaan akses untuk pelaksanaan pengelolaan dan penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal Negeri :
L: 14 (1,17%)
P: 1.186 (98,83%)
Partisipasi :
Jumlah Kepala/Ketua TK:
L: 14 (1,17%)
P: 1.186 (98,83%)
Kontrol :
Pejabat pengampu kegiatan
Eselon II :
L : 1
P : 0
Eselon III :
L : 1
P : 0
Eselon IV :
L : 1
P : 0
Manfaat :
Pelaksanaan Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen serta mendorong lembaga PAUD meningkatkan mutu/kualitasnya
|
Akses:
Adanya kesamaan akses untuk pelaksanaan pengelolaan dan penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal Negeri : L: 14 (1,17%) P: 1.186 (98,83%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah Kepala/Ketua TK perempuan lebih besar dari pada jumlah Guru Kepala/Ketua TK laki-laki
Kontrol:
Pejabat pengawas subkegiatan Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen PAUD didominasi oleh laki-laki.
Manfaat:
Peningkatan kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan dalam pengembagan karir |
1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender | Mayoritas Kepala/Ketua TK adalah prempuan, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di kegiatan | Melakukan pembinaan terhadap lembaga PAUD dan evaluasi yang responsive gender | 1. Pendampingan Satuan PAUD untuk Akreditasi, Dapodik, Profil, Pengisian Aplikasi PAUD 2. Pelayanan Perijinan 3. Mendukung program kerja bunda PAUD Kota Surabaya | Adanya kesamaan akses untuk penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal Negeri L: 14 (1,17%) P: 1.186 (98,83%) |
Output:
Jumlah PAUD yang Dilaksanakan Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen
Outcome:
Persentase guru yang mendapat pengembangan karir : 28% |