NAMA PERANGKAT DAERAH
|
Inspektorat |
TAHUN ANGGARAN
|
2023 |
PROGRAM
|
Perumusan Kebijakan, Pendampingan Dan Asistensi |
KEGIATAN
|
Pendampingan dan Asistensi |
SUB KEGIATAN
|
Pendampingan dan Asistensi Urusan Pemerintahan Daerah |
TUJUAN SUB KEGIATAN
|
Meningkatnya Pendampingan dan Asistensi serta pembinaan terkait pengarusutamaan gender |
CAPAIAN PROGRAM
|
-
Tolak Ukur :
Meningkatnya Pendampingan dan asistensi serta pembinaan urusan Pemerintah Daerah yang responsif gender
-
Indikator dan Target Kinerja :
Output: Target Persentase Administrasi Keuangan Pemerintah Daerah tahun 2023 adalah 100%
Jumlah target pendampingan dan asistensi Perangkat Daerah tahun 2023 sebanyak 65 OPD
Outcome: Jumlah auditor yang terlibat dalam Pendampingan dan Asistensi Urusan Pemerintahan Daerah:
L =11 orang P=13 orang (2022) menjadi
L =13 orang P=16 orang (2023)
Jumlah auditor yang terlibat dalam reviu dokumen PPRG dari :
Tahun 2022:
L= 2 orang (100%)
P = 1 orang (0%)
menjadi
Tahun 2023:
L = 5 orang (71,43%),
P = 2 orang (28,57%)
Jumlah auditor yang mengikuti pelatihan PPRG Tahun 2022
L: 2 orang,
P: 1 orang
Menjadi
Tahun 2023 :
L = 5 orang (71,43%),
P = 2 orang (28,57%)
|
ANALISIS SITUASI
|
-
Data Pembuka wawasan
- Inspektorat mempunyai tugas melakukan pengawasan terhadap Penyelenggaraan Urusan Pemerintah Daerah di Kota Surabaya sebanyak 65 PD, dan pelaksanaan pembinaan penyelenggaraan Pemerintahan Kota sebanyak 65 PD.
- Jumlah Pegawai di Inspektorat : Laki-laki = 22 orang
Perempuan= 20 orang
Pejabat Struktural :
L = 7 orang, P = 0 orang
Eselon II : L = 1 orang (inspektur)
Eselon III :L = 5 orang (Khusus, I,II dan III, sekretaris), P = 0 orang
Eselon IV : L = 1 orang (kasubbag)
- Jumlah Fungsional Auditor
L=11 orang (45,83%),
P =13 orang (54,17%)
Auditor Irban Khusus terdiri dari :
L = 4 orang,
P = 2 orang
Auditor Irban I terdiri dari :
L=2 orang,
P = 4orang
Auditor Irban II terdiri dari :
L= 4 orang,
P = 2 orang
Auditor Irban III terdiri dari :
L = 1 orang,
P = 5 orang
Staf Sekretariat (ASN) :
L = 7 orang,
P = 7 orang
Jumlah auditor yang tersertifikasi:
L: 11 orang,
P: 13 orang
Auditor yang telah mengikuti pelatihan terkait PPRG
L: 2 orang,
P: 0 orang
- Jumlah OPD lingkup Pemerintah Kota Surabaya 65
Dinas = 18
Bagian = 6
Badan = 8
RSUD = 2
Kecamatan = 31
Pejabat OPD di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya:
Perempuan = 176 Laki-laki = 218
- Jenis kegiatan yang dilaksanakan auditor:
1. Pendampingan
2. Asistensi
3. Pembinaan
- Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
- Faktor Kesenjangan :
Akses:
Adanya kesamaan akses untuk terlibat dalam Pendampingan dan Asistensi.
Partisipasi:
Partisipasi auditor yang melaksanakan pendampingan dan asistensi didominasi oleh laki-laki karena telah mengikuti pelatihan dan memahami konsep gender.
Kontrol:
Pejabat yang mengampu kegiatan ini lebih banyak laki-laki dibandingkan perempuan
Manfaat:
Kegiatan ini lebih banyak perempuan yang mendapatkan manfaat dari Pendampingan dan Asistensi serta Pembinaan tersebut.
- Sebab Kesenjangan Internal :
1. Penyusunan Tim tidak berdasarkan jenis kelamin laki-laki dan perempuan namun berdasarkan kompetensi yang dimiliki, termasuk penunjukan Pengendali Teknis dan Ketua Tim.
2. Profesionalisme tenaga Auditor/Pengawas belum merata baik dari segi kapasitas dan kompetensinya.
3. Belum proporsionalnya jumlah Auditor/Pengawas yang tersedia dibandingkan dengan kebutuhan operasional pelaksanaan pendampingan dan asistensi dalam setahun.
- Sebab Kesenjangan Eksternal :
1. Overlapp pemeriksaan reguler dan jadwal pengiriman diklat menimbulkan kurangnya minat Auditor/Pengawas mengikuti diklat, terutama yang berlangsung lama.
2. Dukungan masyarakat melalui pengaduan, kritik dan saran sebagai bentuk pengawasan terhadap jalannya pemerintahan yang telah dilaksanakan oleh aparat pemerintah.
|
RENCANA AKSI
|
|
ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.)
|
341839500 |
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS
|
Output:
Target Persentase Administrasi Keuangan Pemerintah Daerah tahun 2023 adalah 100%
Jumlah target pendampingan dan asistensi Perangkat Daerah tahun 2023 sebanyak 65 OPD
Outcome:
Jumlah auditor yang terlibat dalam Pendampingan dan Asistensi Urusan Pemerintahan Daerah:
L =11 orang P=13 orang (2022) menjadi
L =13 orang P=16 orang (2023)
Jumlah auditor yang terlibat dalam reviu dokumen PPRG dari :
Tahun 2022:
L= 2 orang (100%)
P = 1 orang (0%)
menjadi
Tahun 2023:
L = 5 orang (71,43%),
P = 2 orang (28,57%)
Jumlah auditor yang mengikuti pelatihan PPRG Tahun 2022
L: 2 orang,
P: 1 orang
Menjadi
Tahun 2023 :
L = 5 orang (71,43%),
P = 2 orang (28,57%)
|