NAMA PERANGKAT DAERAH
|
Kecamatan Pakal |
TAHUN ANGGARAN
|
2023 |
PROGRAM
|
PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DAN KELURAHAN |
KEGIATAN
|
Kegiatan Pemberdayaan Kelurahan (Kelurahan Sumberrejo) |
SUB KEGIATAN
|
Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan |
TUJUAN SUB KEGIATAN
|
Mengoptimalkan pemberdayaan masyarakat dalam menciptakan pelayanan yang berkualitas dan memenuhi sarana prasarana di kelurahan. |
CAPAIAN PROGRAM
|
-
Tolak Ukur :
Meningkatkan pemenuhan dan pelayanan kepada masyarakat dengan mengutamakan kesetaraan gender
-
Indikator dan Target Kinerja :
Output: Jumlah Pokmas dan Ormas yang melaksanakan Pemberdayaan Masyarakat di kelurahan : 6 Pokmas/Ormas
Outcome: Nilai Kepuasan Masyarakat Layanan Kecamatan : 89.23%
|
ANALISIS SITUASI
|
-
Data Pembuka wawasan
- Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan berupaya mengoptimalkan pemenuhan sarana dan prasarana kelurahan dalam menciptakan pelayanan yang berkualitas
- Jumlah RT :
L : 34 orang
P : 1 orang
- Jumlah RW :
L : 8 orang
P : 0 orang
- Jumlah Kartu Keluarga (KK) di Kelurahan Sumber Rejo : 3235 KK
- Jumlah Warga : 12.414 Jiwa
L : 6.084 Jiwa
P : 6.330 Jiwa
- Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
- Faktor Kesenjangan :
Akses:
Adanya kesenjangan dalam kegiatan maupun forum pada pemberdayaan masyarakat di Kelurahan
Partisipasi:
Kurangnya partisipasi secara umum, lebih diidominasi laki-laki
Kontrol:
Berupaya meningkatkan kesetaraan gender dalam setiap kegiatan pemberdayaan masyarakat di kelurahan
Manfaat:
Setiap kegiatan mendapat manfaat dari upaya-upaya kesetaraan gender pada kegiatan pemberdayaan masyarakat di kelurahan
- Sebab Kesenjangan Internal :
Kurangnya pengetahuan untuk peningkatan kesetaraan gender
- Sebab Kesenjangan Eksternal :
Budaya yang berkembang di masyarakat bahwa perempuan tidak setara dengan laki-laki dalam hal berkeluarga, bermasyarakat, berorganisasi dan lainsebagainya
|
RENCANA AKSI
|
Aktivitas 1 |
Kegiatan Pemberdayaan Kelurahan |
|
ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.)
|
1328018253 |
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS
|
Output:
Jumlah Pokmas dan Ormas yang melaksanakan Pemberdayaan Masyarakat di kelurahan : 6 Pokmas/Ormas
Outcome:
Nilai Kepuasan Masyarakat Layanan Kecamatan : 89.23%
|