NAMA PERANGKAT DAERAH
|
Kecamatan Tenggilis Mejoyo |
TAHUN ANGGARAN
|
2023 |
PROGRAM
|
Program Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan |
KEGIATAN
|
Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan |
SUB KEGIATAN
|
Kegiatan pembiayaan LPMk, RW dan RT sebagai upaya dalam pemenuhan pemberdayaan Kelurahan Kutisari |
TUJUAN SUB KEGIATAN
|
tercapainya hasil kegiatan pemberdayaan masyarakat kelurahan yang ditunjang oleh pembiayaan melalui LPMK,RW dan RT setempat |
CAPAIAN PROGRAM
|
-
Tolak Ukur :
Peningkatan kapasitas dan kapabilitas dalam pemenuhan pemberdayaan masyarakat kelurahan kutisari dengan memperdayakan potensi dan sumber daya yang ada dengan lebih responsive gender
-
Indikator dan Target Kinerja :
Output: Tercapainya pemberdayaan dengan terpenuhinya bantuan sarana dan prasarana serta biaya dalam upaya pemenuhan kegiatan di Wilayah Kelurahan Kutisari
Outcome: Keberhasilan kegiatan merupakan wujud nyata dalam pemberdayaan masyarakat di wilayah Kelurahan Kutisari
|
ANALISIS SITUASI
|
-
Data Pembuka wawasan
- Data jumlah penduduk yang ada di wilayah kutisari jumlah warga L= 9109,P=9513,T=18622,Jumlah berdasarkan gender RT
L=39
P=5
RW
L=6
P=0
LPMK
L=1
Kondisi Fisik Jumlah RW = 6, RT=44,LPMK=1
- Pada Tahun 2022 untuk Realisasi anggaran sebesar Rp.774.954.300 dari APBD untuk LPMK RW dan RT; Realisasi capaian output Sub Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat tahun 2022 adalah 82.32%.
- Evaluasi pelaksanaan anggaran dan kinerja Sub Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat : terbatasnya SOM dikelurahan yang menguasai aplikasi pengadaan berikut teknis pengadaan.
- Analisis pasar : budaya masyarakat yang akhir - akhir ini yang menginginkan hasil yang instan tanpa berproses terlebih dahulu.
- Rekomendasi strategi pengadaan : untuk meningkatnya daya saing , kualitas produk dalam negeri dan daya beli yang berimbang maka pendaftaran untuk masuk di e market place disederhanakan berikut aplikasinya serta standarisasi harga terendah dan/atau tertinggi.
- Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
- Faktor Kesenjangan :
Akses:
Adanya Kesamaan akses dalam mendapatkan informasi terkait layanan terhadap masyarakat (Adminduk) ditunjang sarana dan prasarana yang memadai
Partisipasi:
dukungan dan peran serta Ketua LPMK/RW/RT dalam memberikan informasi layanan (Adminduk)
Kontrol:
Pelaporan secara berkala hasil kegiatan yang telah dilaksanakan
Manfaat:
pemberian prasarana dan sarana yang memadai membuat masyarakat lebih mudah untuk mendapatkan layanan/informasi adminduk
- Sebab Kesenjangan Internal :
terbatasnya pemenuhan pembiayaan yg diperuntukkan bagi penunjang sarana dan prasarana kegiatanpemberdayaan RW/RT/LPMK
- Sebab Kesenjangan Eksternal :
a. ada beberapa kegiatan yang secara tidak langsung terkendala SDM, dana maupun sarana dan prasarana
b. upaya pemenuhan penyelesaian kegiatan memerlukan waktu dan biaya
|
RENCANA AKSI
|
Aktivitas 1 |
belanja barang yg diserahkan kpd masyarakat : Rp. 340.224.267 |
Aktivitas 2 |
belanja makanan dan minuman aktivitas lapangan : Rp. 11.935.000 |
Aktivitas 3 |
belanja jasa tenaga pelayanan umum sebesar : Rp. 530.000.000 |
Aktivitas 4 |
belanja jasa yang diberikan kepada masyarakat sebesar Rp. 3.750.000 |
Aktivitas 5 |
Pembiayaan Pemberdayaan Kelurahan |
|
ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.)
|
1 |
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS
|
Output:
Tercapainya pemberdayaan dengan terpenuhinya bantuan sarana dan prasarana serta biaya dalam upaya pemenuhan kegiatan di Wilayah Kelurahan Kutisari
Outcome:
Keberhasilan kegiatan merupakan wujud nyata dalam pemberdayaan masyarakat di wilayah Kelurahan Kutisari
|