NAMA PERANGKAT DAERAH
|
Dinas Pendidikan |
TAHUN ANGGARAN
|
2023 |
PROGRAM
|
1.01.02
Program Pengelolaan Pendidikan |
KEGIATAN
|
1.01.02.2.01
Pengelolaan Pendidikan Sekolah Dasar |
SUB KEGIATAN
|
1.01.02.2.01.23
Penyelenggaraan Proses Belajar dan Ujian bagi Peserta Didik |
TUJUAN SUB KEGIATAN
|
Pemantauan dalam pelaksanaan kurikulum melalui kegiatan pembelajaran dan evaluasi |
CAPAIAN PROGRAM
|
-
Tolak Ukur :
Pelaksanaan pengawasan pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan pada sekolah dasar, dan evaluasi yang responsive gender
-
Indikator dan Target Kinerja :
Output: Jumlah Satuan Pendidikan yang menyelenggarakan Proses Belajar dan Ujian
Outcome: Persentase Angka Kelulusan (AL) SD/MI : 100%
|
ANALISIS SITUASI
|
-
Data Pembuka wawasan
- Jumlah Kepala Sekolah SD/MI :
L: 282 (42,15%)
P: 387 (57,85%)
- Akses :
Adanya kesamaan akses untuk pemantauan dalam pelaksanaan kurikulum melalui kegiatan pembelajaran dan evaluasi
L: 282 (42,15%)
P: 387 (57,85%)
- Partisipasi :
Jumlah Kepala Sekolah SD/MI :
L: 282 (42,15%)
P: 387 (57,85%)
- Kontrol :
Pejabat pengampu kegiatan
Eselon II :
L : 1
P : 0
Eselon III :
L : 0
P : 1
Eselon IV :
L : 1
P : 0
- Manfaat :
Jumlah Kepala Sekolah SD/MI yang melakukan pemantauan dalam pelaksanaan kurikulum melalui kegiatan pembelajaran dan evaluasi :
L: 282 (42,15%)
P: 387 (57,85%)
- Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
- Faktor Kesenjangan :
Akses:
Adanya kesamaan akses untuk pemantauan dalam pelaksanaan kurikulum melalui kegaiatan pembelajaran dan evaluasi
L: 282 (42,15%)
P: 387 (57,85%)
Partisipasi:
Proporsi Kepala Sekolah SD/MI perempuan lebih besar daripada jumlah Kepala Sekolah laki-laki
Kontrol:
Pejabat pengawas subkegiatan Penyelenggaraan Proses Belajar dan Ujian bagi Peserta Didik didominasi oleh laki-laki.
Manfaat:
Satuan Pendidikan menyelenggarakan pelaksanaan kurikulum melalui kegiatan proses belajar dan ujian
- Sebab Kesenjangan Internal :
1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender
2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender
- Sebab Kesenjangan Eksternal :
Mayoritas Kepala Sekolah SD/MI adalah perempuan, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di kegiatan
|
RENCANA AKSI
|
Aktivitas 1 |
1.01.02.2.01 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Dasar |
|
ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.)
|
399446000 |
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS
|
Output:
Jumlah Satuan Pendidikan yang menyelenggarakan Proses Belajar dan Ujian
Outcome:
Persentase Angka Kelulusan (AL) SD/MI : 100%
|