NAMA PERANGKAT DAERAH
|
Dinas Pendidikan |
TAHUN ANGGARAN
|
2023 |
PROGRAM
|
1.01.02
Program Pengelolaan Pendidikan |
KEGIATAN
|
1.01.02.2.01
Pengelolaan Pendidikan Sekolah Dasar |
SUB KEGIATAN
|
1.01.02.2.01.27
Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar |
TUJUAN SUB KEGIATAN
|
Tersedianya Guru (Pendidik) dan Tenaga Kependidikan yang diharapkan dengan kualifikasi dan kemampuannya dapat melaksanakan pekerjaan dengan baik dan berkualitas.sesuai dengan Undang-undang Sisdiknas No 20 tahun 2003 yang menyatakan bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan dan akhlak yang mulia. |
CAPAIAN PROGRAM
|
-
Tolak Ukur :
Tersedianya Guru (Pendidik) dan Tenaga Kependidikan yang diharapkan dengan kualifikasi dan kemampuannya dapat melaksanakan pekerjaan dengan baik dan berkualitas.sesuai dengan Undang-undang Sisdiknas No 20 tahun 2003 yang menyatakan bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan dan akhlak yang mulia.
-
Indikator dan Target Kinerja :
Output: Jumlah guru SD/MI yang mendapat pengembangan karir
Outcome: Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang Mendapatkan
Fasilitasi Kenaikan Pangkat/Golongan, Pemberian Promosi,
Peningkatan Kompetensi dan Kualifikasi
|
ANALISIS SITUASI
|
-
Data Pembuka wawasan
- Jumlah guru SD/MI yang mendapat penilaian kinerja :
L: 2.619
(26,39%)
P: 7.307 (73,61%)
- Akses :
Adanya kesamaan akses untuk tersedianya Guru (Pendidik) dan Tenaga Kependidikan yang sesuai dengan kualifikasi dan kemampuannya
L: 2.619
(26,39%)
P: 7.307 (73,61%)
- Jumlah guru SD/MI yang mendapat penilaian kinerja :
L: 2.619
(26,39%)
P: 7.307 (73,61%)
- Pejabat pengampu kegiatan
Eselon II :
L : 1
P : 0
Eselon III :
L : 0
P : 1
Eselon IV :
L : 1
P : 0
- Jumlah guru SD/MI yang mendapat penilaian kinerja :
L: 2.619
(26,39%)
P: 7.307 (73,61%)
- Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
- Faktor Kesenjangan :
Akses:
Adanya kesamaan akses untuk tersedianya Guru (Pendidik) dan Tenaga Kependidikan yang sesuai dengan kualifikasi dan kemampuannya
L: 2.619 (26,39%)
P: 7.307 (73,61%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah guru SD/MI yang mendapat penilaian kinerja perempuan lebih besar daripada jumlah jumlah guru SD/MI yang mendapat penilaian kinerja laki-laki
Kontrol:
Pejabat pengawas subkegiatan Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar
didominasi oleh laki-laki.
Manfaat:
Guru SD/MI mendapat penilaian kinerja sesuai dengan kualifikasi dan kemampuannya
- Sebab Kesenjangan Internal :
1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender
2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender
- Sebab Kesenjangan Eksternal :
Mayoritas guru SD/MI adalah perempuan karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di kegiatan
|
RENCANA AKSI
|
Aktivitas 1 |
1.01.02.2.01 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Dasar |
|
ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.)
|
595348532 |
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS
|
Output:
Jumlah guru SD/MI yang mendapat pengembangan karir
Outcome:
Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang Mendapatkan
Fasilitasi Kenaikan Pangkat/Golongan, Pemberian Promosi,
Peningkatan Kompetensi dan Kualifikasi
|