NAMA PERANGKAT DAERAH
|
Dinas Pendidikan |
TAHUN ANGGARAN
|
2023 |
PROGRAM
|
1.01.02
Program Pengelolaan Pendidikan |
KEGIATAN
|
1.01.02.2.02
Pengelolaan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama |
SUB KEGIATAN
|
1.01.02.2.02.32
Penyediaan Biaya Personil Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama |
TUJUAN SUB KEGIATAN
|
Peserta didik mendapatkan layanan pendidikan yang layak tanpa adanya pungutan |
CAPAIAN PROGRAM
|
-
Tolak Ukur :
Peserta didik dapat mendapatkan layanan pendidikan yang layak dan responsive gender
-
Indikator dan Target Kinerja :
Output: Jumlah lembaga yang Menerima Biaya Personil Peserta Didik 388 lembaga
Outcome: Angka kelulusan SMP/MTs : 100%
|
ANALISIS SITUASI
|
-
Data Pembuka wawasan
- Jumlah Siswa SMP/MTs:
L: 82.331 (51,21%)
P: 78.437 (48,79%)
Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan Biaya Personil Peserta Didik Sekolah Menengah tepat waktu
L: 82.331 (51,21%)
P: 78.437 (48,79%)
- Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan Biaya Personil Peserta Didik Sekolah Menengah tepat waktu
L: 82.331 (51,21%)
P: 78.437 (48,79%)
- Jumlah Siswa SMP/MTs:
L: 82.331 (51,21%)
P: 78.437 (48,79%)
- Kontrol :
Pejabat pengampu kegiatan
Eselon II :
L : 1
P : 0
Eselon III :
L : 0
P : 1
Eselon IV :
L : 1
P : 0
- Manfaat :
Jumlah Siswa SMP/MTs untuk mendapatkan Biaya Personil Peserta Didik Sekolah Menengah tepat waktu.
L: 82.331 (51,21%)
P: 78.437 (48,79%)
- Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
- Faktor Kesenjangan :
Akses:
Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan Biaya Personil Peserta Didik Sekolah Menengah tepat waktu
L: 82.331 (51,21%)
P: 78.437 (48,79%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah Siswa SMP/MTs laki-laki lebih besar daripada jumlah Siswa SMP/MTs perempuan
Kontrol:
Pejabat pengawas subkegiatan Penyediaan Biaya Personil Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama didominasi oleh laki-laki.
Manfaat:
Peserta didik mendapatkan layanan pendidikan yang layak tanpa adanya pungutan biaya
- Sebab Kesenjangan Internal :
1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender
2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender
- Sebab Kesenjangan Eksternal :
Mayoritas Siswa SMP/MTs adalah laki-laki, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di sekolah.
|
RENCANA AKSI
|
Aktivitas 1 |
1.01.02.2.02 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama |
|
ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.)
|
150755193653 |
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS
|
Output:
Jumlah lembaga yang Menerima Biaya Personil Peserta Didik 388 lembaga
Outcome:
Angka kelulusan SMP/MTs : 100%
|