NAMA PERANGKAT DAERAH
|
Dinas Pendidikan |
TAHUN ANGGARAN
|
2023 |
PROGRAM
|
1.01.02
Program Pengelolaan Pendidikan |
KEGIATAN
|
1.01.02.2.02
Pengelolaan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama |
SUB KEGIATAN
|
1.01.02.2.02.36
Penyelenggaraan Proses Belajar dan Ujian bagi Peserta Didik |
TUJUAN SUB KEGIATAN
|
Menyosialisasikan Kebijakan tentang Pelaksanaan Ujian Sekolah Dan Asessmen Nasional, Memberikan Pelatihan Kepada Guru tentang Model Soal Assesmen Nasional dan rencana Pembelajarannya, Menyusun Soal Assesmen Nasional |
CAPAIAN PROGRAM
|
-
Tolak Ukur :
Peserta didik dapat mengikuti proses belajar dan ujian
-
Indikator dan Target Kinerja :
Output: Jumlah Siswa SMP/MTs yang mengikuti proses belajar dan ujian 39.248 peserta
Outcome: Indeks Pendidikan: 78,52%
|
ANALISIS SITUASI
|
-
Data Pembuka wawasan
- Jumlah Siswa SMP/MTs:
L: 82.331
(51,21%)
P: 78.437 (48,79%)
- Adanya kesamaan akses untuk mengikuti proses belajar dan ujian
L: 82.331
(51,21%)
P: 78.437 (48,79%)
- Partisipasi :
Jumlah Siswa SMP/MTs:
L: 82.331
(51,21%)
P: 78.437 (48,79%)
- Kontrol :
Pejabat pengampu kegiatan
Eselon II :
L : 1
P : 0
Eselon III :
L : 0
P : 1
Eselon IV :
L : 0
P : 1
- Manfaat :
Jumlah Siswa SMP/MTs untuk mengikuti proses belajar dan ujian
L: 82.331
(51,21%)
P: 78.437 (48,79%)
- Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
- Faktor Kesenjangan :
Akses:
Adanya kesamaan akses untuk untuk mengikuti proses belajar dan ujian
L: 82.331 (51,21%)
P: 78.437 (48,79%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah Siswa SMP/MTs laki-laki lebih besar daripada jumlah Siswa SMP/MTs perempuan
Kontrol:
Pejabat pengawas subkegiatan Penyelenggaraan Proses Belajar dan Ujian bagi Peserta Didik didominasi oleh perempuan
Manfaat:
Peserta didik mengikuti proses belajar dan ujian
- Sebab Kesenjangan Internal :
1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender
2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender
- Sebab Kesenjangan Eksternal :
Mayoritas Siswa SMP/MTs adalah laki-laki, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di sekolah.
Mayoritas Siswa SMP/MTs adalah laki-laki, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di sekolah.
|
RENCANA AKSI
|
Aktivitas 1 |
1.01.02.2.02 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama |
|
ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.)
|
251900000 |
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS
|
Output:
Jumlah Siswa SMP/MTs yang mengikuti proses belajar dan ujian 39.248 peserta
Outcome:
Indeks Pendidikan: 78,52%
|