NAMA PERANGKAT DAERAH
|
Dinas Pendidikan |
TAHUN ANGGARAN
|
2023 |
PROGRAM
|
1.01.02
Program Pengelolaan Pendidikan |
KEGIATAN
|
1.01.02.2.02
Pengelolaan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama |
SUB KEGIATAN
|
1.01.02.2.02.40
Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama |
TUJUAN SUB KEGIATAN
|
Tersedianya Guru (Pendidik) dan Tenaga Kependidikan yang diharapkan dengan kualifikasi dan kemampuannya dapat melaksanakan pekerjaan dengan baik dan berkualitas.sesuai dengan Undang-undang Sisdiknas No 20 tahun 2003 yang menyatakan bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan dan akhlak yang mulia |
CAPAIAN PROGRAM
|
-
Tolak Ukur :
Tersedianya Guru (Pendidik) dan Tenaga Kependidikan yang diharapkan dengan kualifikasi dan kemampuannya dapat melaksanakan pekerjaan dengan baik dan berkualitas.sesuai dengan Undang-undang Sisdiknas No 20 tahun 2003 yang menyatakan bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan dan akhlak yang mulia
-
Indikator dan Target Kinerja :
Output: Output
Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan SMP yang mendapatkan fasilitasi kenaikan pangkat/golongan,pemberian promosi, peningkatan kompetensi dan kualifikasi: 1.013 orang
Outcome: Indeks Pendidikan: 78,52%
|
ANALISIS SITUASI
|
-
Data Pembuka wawasan
- Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan SMP:
L: 1.843
(35,35%)
P: 3.370
(64,65%)
- Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan fasilitasi kenaikan pangkat/golongan,pemberian promosi, peningkatan kompetensi dan kualifikasi
L: 1.843
(35,35%)
P: 3.370
(64,65%)
- Partisipasi :
Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan SMP:
L: 1.843
(35,35%)
P: 3.370
(64,65%)
- Kontrol :
Pejabat pengampu kegiatan
Eselon II :
L : 1
P : 0
Eselon III :
L : 0
P : 1
Eselon IV :
L : 0
P : 1
- Manfaat :
Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan SMP yang mendapatkan fasilitasi kenaikan pangkat/golongan,pemberian promosi, peningkatan kompetensi dan kualifikasi:
L: 1.843
(35,35%)
P: 3.370
(64,65%)
- Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
- Faktor Kesenjangan :
Akses:
Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan penilaian kinerja
L: 1.843 (35,35%)
P: 3.370 (64,65%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah pendidik dan tenaga kependidikan SMP perempuan lebih besar daripada jumlah pendidik dan tenaga kependidikan SMP laki-laki
Kontrol:
Pejabat pengawas subkegiatan Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama didominasi oleh perempuan
Manfaat:
Pendidik dan tenaga kependidikan mendapatkan fasilitasi kenaikan pangkat/golongan,pemberian promosi, peningkatan kompetensi dan kualifikasi
- Sebab Kesenjangan Internal :
Mayoritas pendidik dan tenaga kependidikan SMP adalah perempuan, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di sekolah.
- Sebab Kesenjangan Eksternal :
Mayoritas pendidik dan tenaga kependidikan SMP adalah perempuan, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di sekolah.
|
RENCANA AKSI
|
Aktivitas 1 |
1.01.02.2.02 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama |
|
ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.)
|
587396604 |
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS
|
Output:
Output
Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan SMP yang mendapatkan fasilitasi kenaikan pangkat/golongan,pemberian promosi, peningkatan kompetensi dan kualifikasi: 1.013 orang
Outcome:
Indeks Pendidikan: 78,52%
|