NAMA PERANGKAT DAERAH
|
Dinas Pendidikan |
TAHUN ANGGARAN
|
2023 |
PROGRAM
|
1.01.02
Program Pengelolaan Pendidikan |
KEGIATAN
|
1.01.02.2.02
Pengelolaan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama |
SUB KEGIATAN
|
1.01.02.2.02.41 Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen Sekolah |
TUJUAN SUB KEGIATAN
|
Meningkatkan mutu pembinaan pada kelembagaan dan managemen Sekolah Menengah |
CAPAIAN PROGRAM
|
-
Tolak Ukur :
Meningkatkanya Mutu Kelembagaan dan Managemen Sekolah Menengah
-
Indikator dan Target Kinerja :
Output: Jumlah SMP/MTs yang mendapatkan pembinaan: 225 Satuan Pendidikan
Outcome: Indeks Pendidikan: 78,52%
|
ANALISIS SITUASI
|
-
Data Pembuka wawasan
- Jumlah Kepala SMP/MTs:
L: 176
(52,69%)
P: 158
(47,31%)
- Akses :
Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan pembinaan
L: 176
(52,69%)
P: 158
(47,31%)
- Partisipasi :
Jumlah Kepala SMP/MTs:
L: 176
(52,69%)
P: 158
(47,31%)
- Kontrol :
Pejabat pengampu kegiatan
Eselon II :
L : 1
P : 0
Eselon III :
L : 0
P : 1
Eselon IV :
L : 0
P : 1
- Manfaat :
Jumlah Kepala SMP/MTs yang mendapatkan pembinaan:
L: 176
(52,69%)
P: 158
(47,3%)
- Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
- Faktor Kesenjangan :
Akses:
Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan pembinaan
L: 176 (52,69%)
P: 158 (47,31%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah Kepala SMP/MTs laki-laki lebih besar daripada jumlah Kepala SMP/MTs perempuan
Kontrol:
Pejabat pengawas subkegiatan Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen Sekolah didominasi oleh laki-laki.
Manfaat:
Kepala SMP/MTs yang mendapatkan pembinaan
- Sebab Kesenjangan Internal :
1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender
2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender
- Sebab Kesenjangan Eksternal :
Mayoritas Kepala SMP/MTs adalah laki-laki, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di sekolah.
|
RENCANA AKSI
|
Aktivitas 1 |
1.01.02.2.02 Pengelolaan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama |
|
ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.)
|
389755950 |
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS
|
Output:
Jumlah SMP/MTs yang mendapatkan pembinaan: 225 Satuan Pendidikan
Outcome:
Indeks Pendidikan: 78,52%
|