NAMA PERANGKAT DAERAH
|
Dinas Pendidikan |
TAHUN ANGGARAN
|
2023 |
PROGRAM
|
1.01.02
Program Pengelolaan Pendidikan |
KEGIATAN
|
1.01.02.2.03
Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
SUB KEGIATAN
|
1.01.02.2.03.16
Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan PAUD |
TUJUAN SUB KEGIATAN
|
Meningkatkan kompetensi guru PAUD agar dapat mengemban kewenangannya dengan cara yang mudah diakses |
CAPAIAN PROGRAM
|
-
Tolak Ukur :
Meningkatkan kompetensi guru PAUD agar dapat mengemban kewenangannya dengan cara yang mudah diaksesdan evaluasi yang responsive gender
-
Indikator dan Target Kinerja :
Output: Jumlah Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang Mendapatkan
Fasilitasi Kenaikan Pangkat/Golongan, Pemberian Promosi,
Peningkatan Kompetensi dan Kualifikasi
Outcome: Persentase guru PAUD yang kompeten : 100%
|
ANALISIS SITUASI
|
-
Data Pembuka wawasan
- Jumlah guru PAUD yang mendapat penilaian kinerja :
L: 42 (0,98%)
P: 4.245 (99,02%)
- Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan
L: 42 (0,98%)
P: 4.245 (99,02%)
- Partisipasi :
Jumlah siswa Jumlah guru PAUD yang mendapat penilaian kinerja :
L: 42 (0,98%)
P: 4.245 (99,02%)
- Kontrol :
Pejabat pengampu kegiatan
Eselon II :
L : 1
P : 0
Eselon III :
L : 1
P : 0
Eselon IV :
L : 1
P : 0
- Manfaat :
Jumlah Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang Mendapatkan Fasilitasi Kenaikan Pangkat/Golongan, Pemberian Promosi, Peningkatan Kompetensi dan Kualifikasi
L: 42 (0,98%)
P: 4.245 (99,02%)
- Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
- Faktor Kesenjangan :
Akses:
Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan
L: 42 (0,98%)
P: 4.245 (99,02%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah Guru PAUD laki-laki lebih besar dari pada jumlah Guru PAUD perempuan
Kontrol:
Pejabat pengawas subkegiatan Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan PAUD didominasi oleh laki-laki
Manfaat:
Peningkatan kompetensi Guru dan Tenaga Kependiidkan dalam pengembagan karir
- Sebab Kesenjangan Internal :
1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender
2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender
- Sebab Kesenjangan Eksternal :
Mayoritas Guru PAUD adalah perempuan, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di kegiatan
|
RENCANA AKSI
|
Aktivitas 1 |
1.01.02.2.03
Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
|
ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.)
|
3569141370 |
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS
|
Output:
Jumlah Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang Mendapatkan
Fasilitasi Kenaikan Pangkat/Golongan, Pemberian Promosi,
Peningkatan Kompetensi dan Kualifikasi
Outcome:
Persentase guru PAUD yang kompeten : 100%
|