NAMA PERANGKAT DAERAH
|
Dinas Pendidikan |
TAHUN ANGGARAN
|
2023 |
PROGRAM
|
1.01.02
Program Pengelolaan Pendidikan |
KEGIATAN
|
1.01.02.2.03
Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
SUB KEGIATAN
|
1.01.02.2.03.17
Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen PAUD |
TUJUAN SUB KEGIATAN
|
Pembinaan terhadap lembaga PAUD danmendorong lembaga PAUD agar meningkatkan mutu/kualitasnya |
CAPAIAN PROGRAM
|
-
Tolak Ukur :
Melakukan pembinaan terhadap lembaga PAUD dan evaluasi yang responsive gender
-
Indikator dan Target Kinerja :
Output: Jumlah PAUD yang Dilaksanakan Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen
Outcome: Persentase guru yang mendapat pengembangan karir : 28%
|
ANALISIS SITUASI
|
-
Data Pembuka wawasan
- Jumlah Kepala/Ketua TK:
L: 14 (1,17%)
P: 1.186 (98,83%)
- Adanya kesamaan akses untuk pelaksanaan pengelolaan dan penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal Negeri :
L: 14 (1,17%)
P: 1.186 (98,83%)
- Partisipasi :
Jumlah Kepala/Ketua TK:
L: 14 (1,17%)
P: 1.186 (98,83%)
- Kontrol :
Pejabat pengampu kegiatan
Eselon II :
L : 1
P : 0
Eselon III :
L : 1
P : 0
Eselon IV :
L : 1
P : 0
- Manfaat :
Pelaksanaan Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen serta mendorong lembaga PAUD meningkatkan mutu/kualitasnya
- Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
- Faktor Kesenjangan :
Akses:
Adanya kesamaan akses untuk pelaksanaan pengelolaan dan penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal Negeri :
L: 14 (1,17%)
P: 1.186 (98,83%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah Kepala/Ketua TK perempuan lebih besar dari pada jumlah Guru Kepala/Ketua TK laki-laki
Kontrol:
Pejabat pengawas subkegiatan Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen PAUD
didominasi oleh laki-laki.
Manfaat:
Peningkatan kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan dalam pengembagan karir
- Sebab Kesenjangan Internal :
1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender
2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender
- Sebab Kesenjangan Eksternal :
Mayoritas Kepala/Ketua TK adalah prempuan, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di kegiatan
|
RENCANA AKSI
|
Aktivitas 1 |
1.01.02.2.03
Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
|
ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.)
|
1176673719 |
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS
|
Output:
Jumlah PAUD yang Dilaksanakan Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen
Outcome:
Persentase guru yang mendapat pengembangan karir : 28%
|