NAMA PERANGKAT DAERAH
|
Dinas Pendidikan |
TAHUN ANGGARAN
|
2023 |
PROGRAM
|
1.01.02
Program Pengelolaan Pendidikan |
KEGIATAN
|
1.01.02.2.04 Pengelolaan Pendidikan Nonformal/Kesetaraan |
SUB KEGIATAN
|
1.01.02.2.04.10
Penyediaan Biaya Personil Peserta Didik Nonformal/Kesetaraan |
TUJUAN SUB KEGIATAN
|
Terwujudnya Satuan Pendidikan yang memenuhi Standar Nasional Pendidikan |
CAPAIAN PROGRAM
|
-
Tolak Ukur :
Terwujudnya Satuan Pendidikan yang memenuhi Standar Nasional Pendidikan dan evaluasi yang responsive gender
-
Indikator dan Target Kinerja :
Output: Satuan Pendidikan yang mendapat penyediaan biaya personil 1 lembaga
Outcome: Persentase Pendidikan Nonformal/Kesetaraan yang sesuai standar nasional pendidikan : 87,60%
|
ANALISIS SITUASI
|
-
Data Pembuka wawasan
- Jumlah Siswa SKB (Sanggar Kegiatan Belajar):
L: 37 (71,15%)
P: 15 (28,85%)
- Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan biaya operasional pendidikan
L: 37 (71,15%)
P: 15 (28,85%)
- Partisipasi :
Jumlah Siswa SKB (Sanggar Kegiatan Belajar):
L: 37 (71,15%)
P: 15 (28,85%)
- Kontrol :
Pejabat pengampu kegiatan
Eselon II :
L : 1
P : 0
Eselon III :
L : 1
P : 0
Eselon IV :
L : 1
P : 0
- Manfaat :
Jumlah SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) untuk mendapatkan untuk mendapatkan biaya operasional pendidikan
L: 37 (71,15%)
P: 15 (28,85%)
- Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
- Faktor Kesenjangan :
Akses:
Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan biaya operasional pendidikan
L: 37 (71,15%)
P: 15 (28,85%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah Siswa SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) laki-laki lebih besar dari pada SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) perempuan
Kontrol:
Pejabat pengawas subkegiatan Penyediaan Biaya Personil Peserta Didik Nonformal/Kesetaraan
didominasi oleh laki-laki.
Manfaat:
Peserta didik dapat mendapatkan layanan pendidikan yang layak tanpa adanya pungutan
- Sebab Kesenjangan Internal :
1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender
2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender
- Sebab Kesenjangan Eksternal :
Mayoritas Siswa SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) adalah laki-laki, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di kegiatan belajar
|
RENCANA AKSI
|
Aktivitas 1 |
1.01.02.2.04 Pengelolaan Pendidikan Nonformal/Kesetaraan |
|
ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.)
|
4733362789 |
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS
|
Output:
Satuan Pendidikan yang mendapat penyediaan biaya personil 1 lembaga
Outcome:
Persentase Pendidikan Nonformal/Kesetaraan yang sesuai standar nasional pendidikan : 87,60%
|