GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Dinas Pendidikan

NAMA PERANGKAT DAERAH Dinas Pendidikan
TAHUN ANGGARAN 2023
PROGRAM 1.01.02 Program Pengelolaan Pendidikan
KEGIATAN 1.01.02.2.04 Pengelolaan Pendidikan Non Formal/Kesetaraan
SUB KEGIATAN 1.01.02.2.04.12 Penyelenggaraan Proses Belajar Nonformal/Kesetaraan
TUJUAN SUB KEGIATAN Peserta didik memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut untuk menjamin pemenuhan hak peserta didik
CAPAIAN PROGRAM
  1. Tolak Ukur :
    1. Agar Peserta didik memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut 2. untuk menjamin pemenuhan hak peserta didik
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Jumlah peserta didik yang mengikuti proses belajar: 2.792 Peserta Didik
    Outcome: Indeks Pendidikan: 78,52%
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Jumlah peserta didik: L: 2.175 (34,59%) P: 4.113 (65,41%)
    • Adanya kesamaan akses untuk mengikuti proses belajar L: 2.175 (34,59%) P: 4.113 (65,41%)
    • Partisipasi : Jumlah peserta didik: L: 2.175 (34,59%) P: 4.113 (65,41%)
    • Kontrol : Pejabat pengampu kegiatan Eselon II : L : 1 P : 0 Eselon III : L : 1 P : 0 Eselon IV : L : 0 P : 1
    • Manfaat : Jumlah peserta didik yang mengikuti proses belajar: L: 2.175 (34,59%) P: 4.113 (65,41%)
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesamaan akses untuk mengikuti proses belajar L: 2.175 (34,59%) P: 4.113 (65,41%)
      Partisipasi:
      Proporsi jumlah peserta didik perempuan lebih besar daripada jumlah peserta didik laki-laki
      Kontrol:
      Pejabat pengawas subkegiatan Penyelenggaraan Proses Belajar Nonformal/Kesetaraan didominasi oleh laki-laki.
      Manfaat:
      Peserta didik mengikuti proses belajar
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender 2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Mayoritas peserta didik adalah perempuan, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di sekolah.
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 1.01.02.2.04 Pengelolaan Pendidikan Non Formal/Kesetaraan
ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 69574437400
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Jumlah peserta didik yang mengikuti proses belajar: 2.792 Peserta Didik
Outcome:
Indeks Pendidikan: 78,52%