NAMA PERANGKAT DAERAH
|
Dinas Pendidikan |
TAHUN ANGGARAN
|
2023 |
PROGRAM
|
1.01.02
Program Pengelolaan Pendidikan |
KEGIATAN
|
1.01.02.2.04 Pengelolaan Pendidikan Nonformal/Kesetaraan |
SUB KEGIATAN
|
1.01.02.2.04.17 Pengelolaan Dana BOP Sekolah Nonformal/Kesetaraan |
TUJUAN SUB KEGIATAN
|
Meningkatkan layanan pendidikan dan membantu pembiayaan penyelenggaraan pendidikan kesetaraan |
CAPAIAN PROGRAM
|
-
Tolak Ukur :
Meningkatkan layanan pendidikan dan membantu pembiayaan penyelenggaraan pendidikan kesetaraan dan evaluasi yang responsive gender
-
Indikator dan Target Kinerja :
Output: Jumlah lembaga yang mendapatkan Bantuan Operasional Pendidikan 27 lembaga
Outcome: Persentase Pendidikan Nonformal/Kesetaraan yang sesuai standar nasional pendidikan: 87,60%
|
ANALISIS SITUASI
|
-
Data Pembuka wawasan
- Jumlah siswa PKBM :
L: 2.986
(64,63%)
P: 1.634 (35,37%)
- Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan bantuan operasional penyelenggaraan pendidikan kesetaraan
L: 2.986
(64,63%)
P: 1.634 (35,37%)
- Partisipasi :
Jumlah siswa PKBM :
L: 2.986
(64,63%)
P: 1.634 (35,37%)
- Kontrol :
Pejabat pengampu kegiatan
Eselon II :
L : 1
P : 0
Eselon III :
L : 1
P : 0
Eselon IV :
L : 1
P : 0
- Manfaat :
Jumlah siswa PKBM untuk mendapatkan biaya operasional pendidikan
PKBM :
L: 2.986
(64,63%)
P: 1.634 (35,37%)
- Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
- Faktor Kesenjangan :
Akses:
Adanya kesamaan akses untuk mendapatkan bantuan operasional penyelenggaraan pendidikan kesetaraan
L: 2.986 (64,63%)
P: 1.634 (35,37%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah Siswa PKBM laki-laki lebih besar daripada jumlah Siswa PKBM perempuan
Kontrol:
Pejabat pengawas subkegiatan Pengelolaan Dana BOP Sekolah Nonformal/Kesetaraan Menengah Pertama didominasi oleh laki-laki.
Manfaat:
Peserta didik dapat mendapatkan layanan pendidikan yang layak tanpa adanya pungutan
- Sebab Kesenjangan Internal :
1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender
2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender
- Sebab Kesenjangan Eksternal :
Mayoritas Siswa PKBM adalah laki-laki, karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di kegiatan
|
RENCANA AKSI
|
Aktivitas 1 |
1.01.02.2.04 Pengelolaan Pendidikan Nonformal/Kesetaraan |
|
ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.)
|
4539360000 |
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS
|
Output:
Jumlah lembaga yang mendapatkan Bantuan Operasional Pendidikan 27 lembaga
Outcome:
Persentase Pendidikan Nonformal/Kesetaraan yang sesuai standar nasional pendidikan: 87,60%
|