NAMA PERANGKAT DAERAH
|
Dinas Pendidikan |
TAHUN ANGGARAN
|
2023 |
PROGRAM
|
1.01.04
Program Pendidik dan Tenaga Kependidikan |
KEGIATAN
|
1.01.04.2.01
Pemerataan Kuantitas dan Kualitas Pendidik dan Tenaga Kependidikan bagi Satuan Pendidikan Dasar, PAUD, dan Pendidikan Non Formal/Kesetaraan |
SUB KEGIATAN
|
1.01.04.2.01.02
Penataan Pendistribusian Pendidik dan Tenaga Kependidikan bagi Satuan Pendidikan Dasar, PAUD, dan Pendidikan Nonformal/Kesetaraan |
TUJUAN SUB KEGIATAN
|
Mendistribusikan guru dan tenaga kependidikan sesuai kebutuhan sekolah serta meningkatkan kesejahteraan guru |
CAPAIAN PROGRAM
|
-
Tolak Ukur :
Mendistribusikan guru dan tenaga kependidikan sesuai kebutuhan sekolah serta meningkatkan kesejahteraan guru dan evaluasi yang responsive gender
-
Indikator dan Target Kinerja :
Output: Jumlah Laporan Hasil Pelaksanaan Penataan Pendistribusian
Pendidik dan Tenaga Kependidikan Satuan Pendidikan Dasar,
PAUD, dan Pendidikan Non Formal/Kesetaraan 350 laporan
Outcome: Pemetaan pendistribusian guru dan tenaga kependidikan sesuai dengan kebutuhan sekolah dengan indeks pendidikan : 78,52
|
ANALISIS SITUASI
|
-
Data Pembuka wawasan
- Jumlah penerima Jaspel TPP bagi pendidik sd dan smp negeri/swasta:
L: 440 (32,09%)
P: 931 (67,91%)
- Adanya kesamaan akses pendistribusian pendidik dan tenaga kependidikan bagi satuan pendidikan dasar, PAUD dan pendidikan Non Formal/Kesetaraan
L: 440 (32,09%)
P: 931 (67,91%)
- Jumlah penerima Jaspel TPP bagi pendidik sd dan smp negeri/swasta:
L: 440 (32,09%)
P: 931 (67,91%)
- Kontrol :
Pejabat pengampu kegiatan
Eselon II :
L : 1
P : 0
Eselon III :
L : 1
P : 0
Eselon IV :
L : 0
P : 1
- Manfaat :
Penataan pendistribusian pendidik dan tenaga kependidikan bagi satuan pendidikan dasar, PAUD dan pendidikan Non Formal/Kesetaraan sesuai dengan kebutuhan :
L: 440 (32,09%)
P: 931 (67,91%)
- Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
- Faktor Kesenjangan :
Akses:
Adanya kesamaan akses pendistribusian pendidik dan tenaga kependidikan bagi satuan pendidikan dasar, PAUD dan pendidikan Non Formal/Kesetaraan
L: 440 (32,09%)
P: 931 (67,91%)
Partisipasi:
Proporsi jumlah penerima Jaspel TPP bagi pendidik sd dan smp negeri/swasta perempuan lebih besar daripada jumlah penerima Jaspel TPP bagi pendidik sd dan smp negeri/swasta laki-laki
Kontrol:
Pejabat pengawas subkegiatan Penataan Pendistribusian Pendidik dan Tenaga Kependidikan bagi Satuan Pendidikan Dasar, PAUD, dan Pendidikan Nonformal/Kesetaraan
didominasi oleh perempuan
Manfaat:
Pemerataan guru dan tenaga kependidikan sesuai dengan kebutuhan sekolah serta dapat meninngkatkan kesejahteraan guru
- Sebab Kesenjangan Internal :
1. Masih adanya SDM di PD terkait yang belum memahami konsep gender
2. Belum terciptanya budaya organisasi yang ramah terhadap salah satu gender
- Sebab Kesenjangan Eksternal :
Mayoritas penerima Jaspel TPP bagi pendidik sd dan smp negeri/swasta adalah perempuan , karena dianggap lebih mampu berpartisipasi di kegiatan
|
RENCANA AKSI
|
Aktivitas 1 |
1.01.04.2.01
Pemerataan Kuantitas dan Kualitas Pendidik dan Tenaga Kependidikan bagi Satuan Pendidikan Dasar, PAUD, dan Pendidikan Non Formal/Kesetaraan |
|
ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.)
|
32704832200 |
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS
|
Output:
Jumlah Laporan Hasil Pelaksanaan Penataan Pendistribusian
Pendidik dan Tenaga Kependidikan Satuan Pendidikan Dasar,
PAUD, dan Pendidikan Non Formal/Kesetaraan 350 laporan
Outcome:
Pemetaan pendistribusian guru dan tenaga kependidikan sesuai dengan kebutuhan sekolah dengan indeks pendidikan : 78,52
|