GENDER BUDGET STATEMENT (GBS)
Bagian Organisasi

NAMA PERANGKAT DAERAH Bagian Organisasi
TAHUN ANGGARAN 2023
PROGRAM Penunjang Urusan Pemerintah Daerah Kabupaten / Kota
KEGIATAN Penataan Organisasi
SUB KEGIATAN Monitoring, Evaluasi dan Pengendalian Kualitas Pelayanan Publik dan Tata Laksana
TUJUAN SUB KEGIATAN Meningkatkan peserta Survey Kepuasan Masyarakat dengan menyamakan komposisi laki –laki dan perempuan
CAPAIAN PROGRAM
  1. Tolak Ukur :
    Meningkatkan peserta Survey Kepuasan Masyarakat dengan menyamakan komposisi laki –laki dan perempuan
  2. Indikator dan Target Kinerja :
    Output: Output: Meningkatnya partisipasi masyarakat mengikuti survey kepuasan L : 50 % P : 50%
    Outcome: Outcome: Meningkatnya kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik di Kota Surabaya pada nilai kepuasan 88% L : 50 % P : 50%
ANALISIS SITUASI
  1. Data Pembuka wawasan
    • Penduduk laki-laki Kota Surabaya 1.473.517 (49.57%) tahun 2022
    • Penduduk perempuan Kota Surabaya 1.499.284 (50.43%) Tahun 2022
    • Karakterisitik responden survey kepuasan Laki-Laki : 58115 (48.05 %)
    • Karakterisitik responden survey kepuasan Perempuan : 62822 (51.95 %)
    • Berdasarkan data penduduk surabaya dan responden survey kepuasan masyarakat cukup seimbang
  2. Isu dan Faktor Kesenjangan Gender
    1. Faktor Kesenjangan :
      Akses:
      Adanya kesempatan yang sama dalam perihal mengikuti survey kepuasan masyarakat antara perempuan dan laki laki
      Partisipasi:
      Proporsi jumlah responden perempuan sama dengan laki laki L : 50 % P : 50 %
      Kontrol:
      Perempuan yang melakukan permohonan layanan cenderung lebih banyak dibanding laki-laki
      Manfaat:
      Perempuan lebih taat untuk mengisi Survey Kepuasan Masyarakat dibanding laki – laki karena menurutnya untuk pelayanan yang lebih baik
    2. Sebab Kesenjangan Internal :
      Tidak adanya pembatasan responden perempuan dan laki – laki dalam mengikuti survey kepuasan masyarakat
    3. Sebab Kesenjangan Eksternal :
      Banyaknya perempuan yang melakukan permohonan pelayanan karena waktu kesehariannya lebih banyak di banding laki – laki yang kesehariannya bekerja
RENCANA AKSI
Aktivitas 1 Monitoring, Evaluasi dan Pengendalian Kualitas Pelayanan Publik dan Tata Laksana
ANGGARAN SUB KEGIATAN(Rp.) 971245748
INDIKATOR OUTCOME / DAMPAK / HASIL SECARA LUAS Output:
Output: Meningkatnya partisipasi masyarakat mengikuti survey kepuasan L : 50 % P : 50%
Outcome:
Outcome: Meningkatnya kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik di Kota Surabaya pada nilai kepuasan 88% L : 50 % P : 50%